Disamakan Tukang Pencari Rumput, Perangkat Desa Geruduk Dispermades - Lintastv.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Disamakan Tukang Pencari Rumput, Perangkat Desa Geruduk Dispermades

 


KARANGANYAR - Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Karanganyar, Jawa Tengah, digeruduk puluhan perangkat desa, Jumat (15/7/2022). 

Mereka meminta klarifikasi akan video yang beredar di masyarakat. Potongan video itu berisi penyampaian materi Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Harun Waskito dalam pembinaan perangkat desa di Kecamatan Karangpandan,pada 7 Juni 2022 lalu. 

Dalam video tersebut, Harun dinilai menyinggung perasaan atau pelecehan profesi perangkat desa. Sebab, mengumpamakan pekerjaan perangkat desa dengan tukang mencari rumput.

Kordinator aksi sekaligus Kepala Dusun (Kadus) Pokoh Sriyanto menyampaikan, puluhan perangkat desa ini meminta secara langsung klarifikasi atas video yang beredar kepada Harun Waskito. Sebab, menurut mereka, tak sepatutnya pembicara atau perumpamaan itu disampaikan. 

"Intonasi kalimat di video itu sangat menyudutkan perangkat desa. Ada nada tinggi di situ. Mempertanyakan, hasil pekerjaan perangkat desa itu apa? Seolah-olah meremehkan. Seolah perangkat desa tidak terlihat, tidak ada hasilnya, tidak bekerja selama ini," kata Sriyanto, Jumat (15/7/2022). 

Selama pertemuan itu, puluhan perangkat desa ini dipertemukan dengan Harun Waskito, untuk dimediasi didampingi Sekretaris Dispermasdes Titik Setiati dan Kabid 

Administrasi Pemerintahan Desa Yosep Anung Darmawan. Sriyanto menjelaskan dalam mediasi ini, Harun telah melakukan permohonan maaf dan berjanji tidak akan melakukan perbuatannya lagi. 

"Sudah selesai semua, sudah clear sudah minta maaf. Kami minta, ke depan tidak terulang lagi. Kami khawatir, jika masalah ini tidak selesai, akan makin besar," jelasnya.

Sementara itu, Harun Waskito mengatakan, kejadian ini merupakan kesalahan pahaman dirinya dengan para perangkat desa. 

"Saya memberikan contoh saat itu saat menyampaikan materi, tidak ada slide untuk mendukung pemberian materi. Padahal, di slide sudah tertulis apa saja pekerjaan perangkat desa. Hingga terjadi salah paham dan salah melakukan pengambilan contoh," jelas Harun Waskito, Jumat (15/7/2022).


sumber kompas.com

Posting Komentar untuk "Disamakan Tukang Pencari Rumput, Perangkat Desa Geruduk Dispermades"