Menkeu Ajak Masyarakat Awasi Kucuran Dana Rp 800 Triliun Anggaran TKDD - Lintastv.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Menkeu Ajak Masyarakat Awasi Kucuran Dana Rp 800 Triliun Anggaran TKDD

srimulyani.foto.dok.kemenkeu


Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengajak dan berharap masyarakat untuk tahu dan memahami mengenai anggaran dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). Karena Ini merupakan salah satu sekmen penting di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sri Mulyani mengakui tidak mudah untuk benar-benar bisa mengajak masyarakat tahu dan memahami mengenai TKDD. Padahal TKDD ini sangat penting mengingat alokasi dana TKDD yang hampir mencapai nilai Rp 800 triliun.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani berharap masyaraka ikut berperan aktif dalam mengawasi realiasi anggaran TKDD yang cukup besar tersebut.

"TKDD itu sebenarnya sangat penting karena sepertiga dari APBN. Poin kita adalah belanja TKDD yang mendekati Rp 800 triliun, rakyat mestinya memahami untuk bisa kemudian ikut mengawasi dan juga ikut memberikan masukan bagi Pemerintah Daerah bagaimana anggaran itu dibelanjakan," jelas Sri Mulyani dalam acara final lomba Bedah Data APBD pada Selasa (8/6/2021).

Dalam kesempatan itu juga Sri Mulyani sangat menyambut baik lomba Bedah Data APBD yang telah diselenggarakan, yang dinilai kegiatan tersebut bisa menjadi cara yang tidak biasa untuk dapat menyampaikan data-data tetrkait APBD kepada masyarakat dengan gampang dicerna dan dianalisa.

Dan Sri mulyani sangat mengapreasi kepada anak-anak muda yang mempunyai pemikiran dan ide yang sangat luar biasa, terutama dalam kemampuan dan penguasaan dibidang IT.

"Mereka punya pemikiran dan ide-ide luar biasa. Pertama, semuanya menggunakan IT based dan data driven, dua hal yang sangat keren. Anak-anak muda terutama lebih terampil mengunakan teknologi menjadi technology savvy di dalam teknologi digital," tuturnya.

 

1 komentar untuk "Menkeu Ajak Masyarakat Awasi Kucuran Dana Rp 800 Triliun Anggaran TKDD"

  1. Sesuai dengan ajakan agar masyarakat turut dalam mengawal keuangan desa sebagai masyarakat kami sangat memberikan apresiasi namun dibalik itu jika masyarakat berproses dalam hal mengungkap dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa selalu sja tidak di tindaklanjuti secara serius jadi seperti apa jalan keluarnya. Contohnya Desa Kami DESA LAMDESAR TIMUR, Kec. TANIMBAR UTARA, Kab. KEPULAUAN TANIMBAR, Prov Maluku Laporan yg dimasukan kepada BUPATU, INSPEKTORAT, DPMD, KEJAKSAAN sampai saat ini juga blm ada tindaklanjut dan dana desa yg diselewengkan dan digunakan untuk memperkaya diri oleh oknum perangkat desa yang nilaianya di atas ratusan juta apakah dibiarkan begitu saja. Laporan yg kami sampaikan disertai bukti yg lengkap

    BalasHapus