Contoh Perkades Berita Acara Notulen Susunan Acara Penetapan Data SDGs Desa Terlengkap - Lintastv.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Contoh Perkades Berita Acara Notulen Susunan Acara Penetapan Data SDGs Desa Terlengkap


Sustainable Development Goal’s (SDG’s) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Yang di maksud dengan Peraturan Kepala Desa adalah Peraturan Perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa yang bersifat mengatur dalam rangka melaksanakan Peraturan Desa dan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi.

Sesuai ketentuan Pasal 6 ayat (1) Peraturan Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bertujuan untuk meningkatkan Pembanguan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa sesuai dengan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa. 

Untuk melaksanakan pembangunan dalam skala desa tersebut, pelaksanaannya sesuai dengan daftar skala prioritas pembangunan desa baik fisik, ekonomi dan sosial budaya, maka perlu memfokuskan arah kebijakan Pembangunan Desa pada pencapaian SDGs Desa.

SDG’s Desa tersebut mempertajam arah kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa yang sesuai dengan kondisi objektif Desa yang wajib ditetapkan dengan Peraturan Desa.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, perlu menetapkan Peraturan Kepala Desa tentang Penetapan Data SDG’s Desa Tahun 2021.

Data SDG’s Desa Tahun 2021 merupakan landasan dan pedoman bagi Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2022.

Berdasarkan Peraturan Desa ini di susunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) yang ditetapkan dengan Keputusun Kepala Desa dan merupakan penjabaran kegiatan dari RPJMDes  yang selanjutnya disusun dalam APBDes.


Berikut beberapa dasar hukum dalam penerbitan Peraturan Kepala Desa tentang Penetapan Data SDGs Desa, antara lain:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 123, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5539) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6341);
  2. Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan;
  3. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa;
  4. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 02 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun;


Berikut ini admin akan memberikan Contoh Perkades Berita Acara Notulen Susunan Acara Penetapan Data SDGs Desa Terlengkap.

Informasi Menarik Lainnya di Channel YouTube

Artikel terkait: 

Dan sobat bisa mendownload dan mengeditnya sesuai dengan kondisi/keadaan di daerah sobat masing-masing
  • Contoh Peraturan Kepala Desa tentang Penetapan Data SDGs Desa (Download disini)
  • Contoh Berita Acara, Notulen, daftar hadir dan Susunan Acara Penetapan Data SDGs Desa (Download disini)
 
Sekian artikel admin kali ini dan semoga bermanfaat









Posting Komentar untuk "Contoh Perkades Berita Acara Notulen Susunan Acara Penetapan Data SDGs Desa Terlengkap"