GAWAT Jelang Seleksi Perangkat Desa Kunci Jawaban Soal Sudah Bocor - Lintastv.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

GAWAT Jelang Seleksi Perangkat Desa Kunci Jawaban Soal Sudah Bocor


Seleksi atau tes calon perangkat desa merupakan perwujudan perekrutan dalam pengisian perangkat desa, yang merupakan tahapan dalam penjaringan dan penyaringan calon perangkat desa sesuai dengan amanat undang-undang dan peraturan tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.

Banyak diberbagai daerah yang sudah menggelar dan pelaksanakan kegiatan tes interview dan tes tertulis calon perangkat desa dalam mengisi jabatan perangkat desa yang kosong yang dilaksanakan oleh panitia penjaringan dan penyaringan calon perangkat desa.

Seyogyanya kegiatan tes bagi calon perangkat desa dapat dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku, tidak ada kecurangan, tidak ada kongkalikong, tidak ada permainan uang dan lain sebagainya, yang dapat menciderai proses seleksi itu sendiri.

Seleksi perangkat desa diharapkan dapat dilaksanakan dengan penuh kejujuran dan transparan, sehingga nantinya  dari hasil seleksi tersebut diperoleh perangkat desa yang benar-benar berkompeten dan layak untuk menjabatan sebagai perangkat desa. 

Tetapi apajadinya jika kunci jawaban dari tes tertulis calon perangkat desa disinyalir sudah bocor dan beredar dikalangan calon perangkat desa? Seperti isu di Grobokan ini, sebagaimana dilansir dari radarkudus.jawapos.com

GROBOGAN – Isu terus bermunculan mewarnai seleksi perangkat desa di Grobogan. Selain isu mahar, isu peserta yang diduga “orangnya kades” sudah mendapatkan jawaban ujian tertulis juga santer terdengar.

Berdasarkan jadwal tahapan fasilitasi pengisian perangkat desa, jadwal ujian tertulis akan digelar beberapa hari lagi. Tepatnya 7 Juni. Maju mundurnya dari jadwal sebelumnya.

Isu itu diungkapkan seseorang berinisial N, salah satu warga Kecamatan Penawangan. N menyebut, meski soal dibuat pihak ketiga, namun peserta yang sejak awal dikondisikan untuk terpilih sebagai perangkat desa sudah mendapatkan jawaban. 

“Saya tanya ke salah satu orangnya, katanya sudah dapat jawaban,” tuturnya.

N menyatakan, ujian tertulis yang hasilnya tidak bisa langsung dilihat sebagaimana CAT memang rawan dicurangi. N membandingkan dengan seleksi perangkat yang ada di daerah lain, di mana seleksi perangkat desa dilaksanakan dengan lebih adil. Menurutnya, salah satu cara agar tes tertulis lebih adil yakni dengan sistem CAT.

“Kalau dengan cara penilaian yang saat ini di Grobogan, itu rawan dicurangi. Hampir pasti ‘orangnya kades’ yang menang. Sebab apa? Nilainya tidak langsung keluar, tapi masih menunggu hingga dua hari,” paparnya.

Tidak hanya itu, N juga menyatakan, meski kebanyakan desa setoran calon perangkat berkisar antara Rp 200 juta hingga Rp 300 juta, namun ada beberapa desa yang setorannya lebih dari angka tersebut. Kendati demikian, dia tidak menyebut desa yang calon perangkatnya berani membayar sekian.

N mengklaim sebenarnya ingin melaporkan apa yang terjadi di desanya ke KPK atau instansi terkait. Namun, karena syarat untuk laporan begitu rumit, keinginannya pun urung terlaksana.

Artikel menarik: Babak Baru: Paket C vs Sarjana, Camat Membatalkan SK Perangkat Desa Terpilih, kok bisa?

Terpisah, Hambali, yang juga warga Kecamatan Penawangan, mengklaim akan melaporkan dugaan mahar pengisian perangkat ke anggota DPRD Grobogan. Namun, hingga kemarin dia masih belum bisa memastikan kapan laporan tersebut benar-benar diserahkan.

“Masih menunggu kode dari Komisi A. Nanti kalau waktunya tepat, kami laporkan,” kata dia. 


Posting Komentar untuk "GAWAT Jelang Seleksi Perangkat Desa Kunci Jawaban Soal Sudah Bocor"